FUNGSI SENSOR-SENSOR YANG ADA PADA ECU PADA SISTEM EF
1. Throtle Position Sensor (
TPS )
Gambar 1. Throtle Position Sensor (
TPS )
adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui
posisi pedal gas dalam keadaan tertekan atau bebas. Jika ditekan/digas maka valuenya
besar dan jika tidak ditekan valuenya kecil.
2. Manipold Absolute Pressure
( MAP )
Gambar 2. Manipold Absolute Pressure ( MAP ) |
sensor yang digunakan untuk mengetahui
kondisi kevacuuman intake manipold. Sensor ini akan mengeluarkan pulsa tegangan
besar jika kevacuuman intake manipold berkurang ( pedal gas diinjak ) atau
sebaliknya.
3. Air Flow Sensor ( AFS )
Gambar 3. Air Flow Sensor ( AFS )
adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui
banyak sedikitnya udara yang akan masuk ke dalam intake manipold. Biasanya
sensor ini dipasang sesudah filter udara dan akan memberikan pulsa tegangan semakin
besar jika udara yang melewatinya semakin banyak atau sebaliknya. Sensor ini
ada yang meneybutnya AFM ( Air flow meter ) atau juga MAF ( Mass Air Flow )
4. Intake Air Temperature
Sensor ( IAT )
Gambar 4. Intake Air Temperature Sensor ( IAT ) |
adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui
suhu udara masuk ke intake manipold, semakin dingin suhu udara masuk maka akan
semakin besar pulsa tegangan yang dikirimkan ke ECU, sehingga supllai bensin ke
injector juga semakin besar.
5. Idle Air Control ( IAC )
Gambar 5. Idle Air Control ( IAC )
adalah part yang mendeteksi/mengendalikan suplai
udara ke intake manipold pada saat putaran idle ( langsam ). Sensor ini bisa
beerupa solenoid, motor listrik atau bekerja sesuai dengan suhu air pendingin.
Dibeberapa sistem kendaraan sering disebut Idle Speed Control ( ISC ) atau juga
Idle Step Motor.
6. Injector
Gambar 6. Injector
adalah perangkat electronic yang diperintah
oleh ECU untuk membuka /menutup katup electronic sehingga bensin bisa
menyemprot ke silinder.
7. Crankshaft Position Sensor
( CKP )
Gambar 7. Crankshaft Position Sensor
( CKP )
sensor yang mendeteksi adanya putaran mesin.
Jika sensor ini dipasang dekat dengan poros nok/katup, disebut Camshaft
Position Sensor ( CMP ). Kedua sensor tersebut disamping berfungsi untuk
mengetahui adanya putaran mesin juga berfungsi untuk mengendalikan sistem
pengapian mesin tersebut
8. Coolant Temperature Sensor
( CTS ) atau Water Temperature Sensor (WTS)
Gambar 8. Coolant Temperature Sensor
( CTS ) / Water Temperature Sensor (WTS)
adalah sensor untuk mengetahui kondisi suhu
air pendingin. Semakin dingin suhu air pendingin maka semakin banyak bensin
yang disemprotkan ke silinder.
9. Top Dead Center Sensor (
TDC )
Gambar 9. Top Dead Center Sensor (
TDC )
adalah sensor yang digunakan untuk mengetahui
titik mati atas silinder nomor satu. Hal ini biasanya digunakan untuk
menentukan firing order ( FO ).
10. Vehicle Speed Sensor ( VSS)
Gambar 10. Vehicle Speed Sensor ( VSS)
adalah sensor untuk mengetahui kecepatan
kendaraan, biasanya dihubungkan dengan poros output transmisi.